PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN SEMESTER GENAP SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2014/2015

E S A A R Y A N I, E S A A R Y A N I (2014) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPA BIOLOGI POKOK BAHASAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN SEMESTER GENAP SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, desain penelitian berupa pre-test dan posttest untuk prestasi belajar dan penggunaan lembar observasi untuk aktivitas siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 5 sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik porposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tes objektif multiple choice untuk prestasi belajar dan lembar observasi untuk aktivitas siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan meggunakan uji-t polled varians pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (pre-test = 66,136 > 62,619) dan (pre-test = 81,136 > 76,666). Aktivitas siswa kelas Eksperimen menunjukkan skor rata-rata 70 dengan kategori aktif. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (1,853 > 1,680) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar pada mata pelajaran IPA biologi pokok bahasan pencemaran dan kerusakan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inside-Outside Circle, Aktivitas, Prestasi belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Nov 2018 02:59
Last Modified: 07 Nov 2018 02:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9220

Actions (login required)

View Item View Item