Apriyanti, Rani (2014) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH DAN PENGUASAAN KONSEP IPA BIOLOGI PADA SISWA SMPN 19 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL RANI APRIYANTI (E1A012036).pdf Download (687kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi pada siswa SMPN 19 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Penenetuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan kelas 7 C dan 7 D sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi keterlaksanaan model Problem Based Learning dan tes subyektif untuk mengukur kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan memecahkan masalah dan penguasaan konsep IPA Biologi siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Kemampuan memecahkan masalah, Penguasaan konsep |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 07 Nov 2018 02:55 |
Last Modified: | 07 Nov 2018 02:55 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9240 |
Actions (login required)
View Item |