THE EFFECTIVENESS OF USING ACTIVATION SCHEMATA STRATEGIES IN READING COMPREHENSION (An experimental study at SMAN 3 Mataram)

Fatma, Rubia (2017) THE EFFECTIVENESS OF USING ACTIVATION SCHEMATA STRATEGIES IN READING COMPREHENSION (An experimental study at SMAN 3 Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1 Thesis Rubia April 24th. 2017-edit.docx
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas sebuah strategi aktivasi, 'KWL - PLUS' dalam pemahaman membaca dan pengaruh penerapan strategi aktivasi tersebut dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Kriteria pertama dari efektivitas strategi berasal dari uji kelayakan pada perencanaan pelajaran untuk memenuhi kriteria validitas dalam hal konstruksi, isi, dan kebenaran konsep yang mendapat kriteria sangat layak digunakan. Kriteria keefektifan kedua diperoleh dari uji lapangan terhadap efektivitas penerapan strategi dalam proses pembelajaran membaca. Tes tersebut meliputi pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran dan wawancara semi terstruktur berkenaan dengan pendapat siswa terhadap penerapan strategi, dan penggunaan skemata yang mendapat kategori sangat baik, aktif, positif, dan sangat digunakan. Pengaruh penerapan strategi KWL-PLUS pada pemahaman membaca siswa dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest dari kedua kelompok yang dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil analisis pada nilai Fhitung Zvalue = -3.519 lebih kecil dari Ftabel Ztabel = 1.960 dengan sig. (α) .000 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulannya, strategi tersebut memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu, strategi ini perlu diterapkan oleh guru bahasa Inggris dan guru mata pelajaran lain seperti yang disarankan oleh siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): efektivitas, strategi KWL – PLUS, strategi Konvensional, Skemata siswa, pemahaman membaca siswa, opini siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:37
Last Modified: 03 Nov 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9246

Actions (login required)

View Item View Item