PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016

Aini1, Baiq Rokyan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Baiq Rokyan Aini.pdf

Download (442kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui media gambar terhadap hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment (eksperimen semu). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2015/2016.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII4 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui media gambar dan VII5 sebagai kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis dianalisis dengan uji-t pooled varians dengan taraf signifikan 95%. Analisis data menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel (t hitung = 3.87 dan t tabel = 2.01). Kesimpulan hasil penelitian

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Media gambar, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:34
Last Modified: 03 Nov 2018 02:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item