Aini1, Baiq Rokyan (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VII SMPN 1 LINGSAR TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
Baiq Rokyan Aini.pdf Download (442kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) melalui media gambar terhadap hasil belajar pada pelajaran IPA siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment (eksperimen semu). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lingsar tahun ajaran 2015/2016.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII4 sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran problem based learning melalui media gambar dan VII5 sebagai kelas yang diajar menggunakan metode ceramah. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis dianalisis dengan uji-t pooled varians dengan taraf signifikan 95%. Analisis data menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel (t hitung = 3.87 dan t tabel = 2.01). Kesimpulan hasil penelitian
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Media gambar, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 03 Nov 2018 02:34 |
Last Modified: | 03 Nov 2018 02:34 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9259 |
Actions (login required)
View Item |