PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI TERBIMBING DAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBAR

Budiarti, Ria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI TERBIMBING DAN JURNAL BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMBAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL Ria Budiarti.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran diskoveri terbimbing, (2) Pengaruh jurnal belajar, dan (3) Interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar, terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini di lakukan di SMAN 1 Lembar Kabupaten Lombok Barat pada bulan Mei sampai Juni 2017. Metode yang digunakan quasi experiment dengan Non- equivalent Pretest-Posttes Control Group Design melalui factorial 2x2. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling terdiri 97 peserta didik dari 4 kelas. Instrument penelitian menggunakan tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan ANCOVA dengan bantuan SPSS version 20 for windows. Hasil penelitian menunjukan (1) Model pembelajaran diskoveri terbimbing tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik ( ݌ > 0.05 ), (2) Jurnal belajar berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik ( ݌ ≤ 0.05 ), (3) Terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran diskoveri terbimbing dan jurnal belajar terhadap hasil belajar kogitif ( p ≤ 0.05 ).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): diskoveri terbimbing, jurnal belajar, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Nov 2018 00:20
Last Modified: 03 Nov 2018 00:20
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9269

Actions (login required)

View Item View Item