PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

MAULIDI, AHMAD (2017) PENGARUH SARANA PRASARANA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU MATEMATIKA SMP NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL MAULIDI.docx

Download (39kB)

Abstract

Persoalan penting yang dihadapi oleh dunia pendidikan, khususnya Sekolah Menengah Pertama tidak lepas dari pemenuhan sarana prasarana sekolah, kompetensi pedagogik dan peningkatan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan untuk menunjukkan pengaruh sarana prasarana sekolah dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru Matematika SMP Negeri di Kabupaten Lombok Utara. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah perbedaan kinerja guru Matematika SMP Negeri di Kabupaten Lombok Utara yang memilki perbedaan sarana prasarana dan tingkat penguasaan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 17 orang guru Matematika yang sudah bersertifikasi dan tersebar di 12 SMP Negeri di Kabupaten Lombok Utara. Tehnik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan tehnik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 17 orang guru matematika. Uji analisis hipotesis menggunakan Analisys Of Varians (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh sarana prasarana sekolah yang memadai dan yang tidak memadai terhadap kinerja guru. Uji hipotesis dengan taraf signifikansi = 0,05 menunjukkan nilai signifikansi = 0,029 lebih kecil dari nilai signifikansi yang ditetapkan. Ini berarti hipotesis alternatif (H1) yang diajukan diterima . Kinerja guru juga menunjukkan nilai signifikansi = 0,024 yang juga berarti hipotesis alternatif (H1) terdapat perbedaan pengaruh kompetensi pedagogik guru yang tinggi dengan kompetensi pedagogik guru yang rendah terhadap kinerja guru diterima. Untuk interaksi variabel sarana prasarana dengan kompetensi pedagogik menunjukkan nilai signifikansi = 0,243 lebih besar dari taraf signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,05 sehingga disimpulkan tidak ada interaksi antara kedua variabel dalam mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sarana Prasarana, Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Nov 2018 00:19
Last Modified: 03 Nov 2018 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9270

Actions (login required)

View Item View Item