Ayatun, Nisa (2017) GAIN SCORE PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO - VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL AYATUN NISA (E1A013005).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan N umbered Head Together (NHT) berbantuan media audio - visual terhadap hasil belajar IPA Biologi pada kelas VII semester genap di SMP Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest - postest non - control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Mataram dengan jumlah siswa 182. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VII2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan subjektif. Data hasil gain score dengan rata - rata 38,08 untuk kelas Jigsaw dan 32,85 untuk kelas NHT dianalisis dengan teknik Independent sample t - test dengan taraf α 5% deng
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Jigsaw , Numbered Head Together (NHT), hasil belajar siswa |
Subjects: | Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 02 Nov 2018 08:45 |
Last Modified: | 02 Nov 2018 08:45 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9299 |
Actions (login required)
View Item |