ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH MATERI FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ANDARYANI, NOVIA FATMI (2018) ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN MASALAH MATERI FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BUER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penyelesaian masalah yang dilakukan oleh siswa pada materi fungsi yang ditinjau dari langkah-langkah Polya. Selain itu, pada penelitian ini dikaji hubungan antar jenis-jenis kesalahan tersebut dan dengan kesalahan keseluruhan. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan memahami masalah yang paling banyak dilakukan oleh yaitu siswa salah menuliskan hal yang diketahui dan siswa tidak menuliskan hal yang ditanyakan termasuk kategori kesalahan sangat rendah; kesalahan menyusun rencana yaitu siswa menuliskan rencana penyelesaian dengan tepat, tetapi tidak lengkap dengan kategori kesalahan rendah; kesalahan melaksanakan rencana yaitu siswa salah sebagian menuliskan langkah-langkah atau prosedur penyelesaian dan siswa melakukan kesalahan perhitungan pada setiap langkah-langkah atau prosedur penyelesaian termasuk dalam kategori kesalahan rendah; dan kesalahan memeriksa kembali yaitu siswa tidak memeriksa kembali penyelesaian yang diperoleh dengan kategori kesalahan tinggi. Hubungan jenis-jenis kesalahan(Xi) terhadap kesalahan keseluruhan (Y) adalah cukup untuk kesalahan memahami masalah ( ) dengan koefisien korelasi 0,66, hubungan kuat untuk kesalahan menyusun rencana ( ) dengan koefisien korelasi 0,81, kesalahan melaksanakan rencana ( dengan nilai korelasi 0,88 dan untuk kesalahan memeriksa kembali ( dengan nilai korelasi 0,84. Adapun hasil penelitian untuk hubungan antar jenis-jenis kesalahan yaitu kesalahan memahami masalah dengan kesalahan menyusun rencana ( dengan nilai korelasi 0,56 dan kesalahan menyusun rencana dengan kesalahan melaksanakan rencana( dengan nilai korelasi 0,63 memiliki hubungan yang cukup, kesalahan melaksanakan rencana dan kesalahan memeriksa kembali dengan nilai korelasi 0,73 memiliki hubungan yang kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis Kesalahan, penyelesaian masalah, Polya, fungsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 02 Nov 2018 08:38
Last Modified: 02 Nov 2018 08:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9322

Actions (login required)

View Item View Item