STUDI KOMPARASI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDINGPROCEDURES) DAN AIR (AUDITORY INTELECTUALYREPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X MIA SMAN 1 LINGSAR

RAYMITANUARY, NI PUTU (2018) STUDI KOMPARASI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF CUPs (CONCEPTUAL UNDERSTANDINGPROCEDURES) DAN AIR (AUDITORY INTELECTUALYREPETITION) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT PADA SISWA KELAS X MIA SMAN 1 LINGSAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Ni Putu Raymitanuary.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif CUPs (Conceptual Understanding Procedures) dan AIR (Auditory Intelectualy Repetition) terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit non elektrolit pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Lingsar. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Lingsar dan sampelnya yaitu kelas X MIA 3 dan X MIA 4 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Cups (Conceptual Understanding Procedures) untuk kelas eksperimen A dan model pembelajaran kooperatif AIR (Auditory Intelectualy Repetition) untuk kelas eksperimen B. Variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis dua pihak. Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia siswa, didapatkan thitung (1,898) < ttabel (2,00). Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif CUPs (Conceptual Understanding Procedures) dengan AIR (Auditory Intelectualy Repetition) terhadap hasil belajar kimia materi larutan elektrolit non elektrolit pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Lingsar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif Cups (Conceptual Understanding Procedures), Kooperatif AIR (Auditory Intelectualy Repetition), hasil belajar, Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Oct 2018 02:37
Last Modified: 29 Oct 2018 02:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9335

Actions (login required)

View Item View Item