FITRI, FITRI (2014) REPRESENTASI LAKI - LAKI DALAM IKLAN ROKOK U MILD EDISI INI BARU COWO PRODUKSI PT SAMPOERNA MILD TINJAUAN ANALISIS SEMIOTIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
JURNAL.docx Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana laki - laki direpresentasikan dalam iklan rokok U Mild edisi Ini Baru Cowo. Jenis penelitia n ini adalah penelitian kualita t i f. Sumber data dalam penelitian ini adalah iklan rokok U Mild jenis menthol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi dan studi kepustakaan. Untuk menganalisis data digunakan metode analisis semiotik yang berlandaskan pada teori Roland Barthes, yaitu memaknai representasi laki - laki melalui pendeskripsian pada penanda, petanda, denotasi, dan konotasi. Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis data diketahui iklan rokok U Mild mempresentasikan laki - laki melalui dua tahap signifikasi. Signifikasi tahap pertama disebut deno tasi dan signifikasi tahap kedua disebut konotasi. Iklan rokok U Mild edisi Ini Baru Cowo terdapat makna denotasi yang sama tetapi, mempunyai makna konotasi yang berbeda karena iklan rokok tersebut memiliki versi yang cukup banyak. Meskipun makna konotasi berbeda dan menggambarkan representasi yang beragam, konsep representasi laki - laki sama dengan seorang pria pada umumnya.Misalnya, iklan rokok U Mild versi Dilarang Keras Cengeng Walau Duit Tinggal Seceng mempun
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | semiotik, penanda, petanda, denotasi, konotasi, representasi |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 03:41 |
Last Modified: | 30 Oct 2018 03:41 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9386 |
Actions (login required)
View Item |