K AJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TOKOH ENONG DALAM NOVEL “PADANG BULAN” KARYA ANDREA HIRATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Febrian, I Lona Rosalita (2014) K AJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK TOKOH ENONG DALAM NOVEL “PADANG BULAN” KARYA ANDREA HIRATA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL, ILONA ROSALITA F.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran psikologi tokoh Enong dalam novel “Padang Bulan” karya Andrea Hirata berdasarkan kajian kebutuhan bertingkat Abraham Maslow, serta untuk mengetahui kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam membahas landasan dalam membahas masalah tersebut adalah teori kebutuhan bertingkat Abraham Maslow. Dalam pengumpulan data penelitian, teknik yang digunakan teknik pustaka dan teknik catat. Sementara pendekatan yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan menggunakan pendekatan Kebutuhan Bertingkat Abraham Maslow. Setelah data dianalisis kemudian disaj ikan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kebutuhan - kebutuhan tokoh Enong seperti kebutuhan fisiologi, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri telah terpenuhi. Meskipun dalam pemenuhan kebutuhan - kebutuhan itu Enong mendapat hambatan sehingga mempengaruhi psikologisnya dan membutuhkan perjuangan yang sangat berat untuk dapat terpenuhi, (2)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologis, Abraham Maslow, Pembelajaran, Sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 03 Nov 2018 02:28
Last Modified: 03 Nov 2018 02:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9500

Actions (login required)

View Item View Item