MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS IV SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

RIZQI, NURFADILLAH (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS IV SDN 34 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menulis karangan pada pembelajaran bahasa Indonesia, ini terlihat dari hasil wawancara dan observasi guru kelas IV SDN 34 Cakranegara. Penyebabnya adalah kurang inovatifnya guru dalam menerapkan model dan teknik pembelajaran, kurangnya minat siswa berlatih menulis karangan dan malas membaca sehingga siswa sulit mengembangkan ide dan gagasan dalam mengarang, tidak percaya diri. Dilihat dari nilai menulis karangan siswa dari 20 orang siswa hanya 9 orang (45%) yang tuntas dengan KKM 70. Melihat kondisi ini perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan teknik pemodelan (modelling) untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN 34 Cakranegara tahun ajaran 2013/2014. Indikator keberhasilan penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata siswa bisa mencapai ≥ 70 dengan ketuntasan klasikal minimal 75%. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus ke siklus, dilihat dari nilai rata-rata siswa dan ketuntasan klasikal berturut-turut dari siklus I dan II adalah 73,7 dengan persentasi ketuntasan klasikal 65% dan 76,6 dengan persentasi ketuntasan klasikal 80%. Hal ini berarti penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Dengan demikian penerapan teknik pemodelan (modelling) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan siswa kelas IV SDN 34 Cakranegara tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Pemodelan (modelling), keterampilan, menulis karangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Nov 2018 04:13
Last Modified: 08 Nov 2018 04:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9627

Actions (login required)

View Item View Item