PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MAHRUM, MAHRUM (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN MONYEL DESATERUWAI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAHRUM.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Monyel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V SDN Monyel Desa Teruwai Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Monyel yang berjumlah 28 orang. Data dikumpulkan dengan menggunkan lembar observasi dan tes hasil belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pertama Ketuntasan klasikal yang diperoleh pada siklus I adalah 64,29% dan siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan jurnal siswa pada siklus II, diketahui bahwa dari 28 siswa, sebanyak 19 siswa atau 67,86% menyatakan sangat senang dan tertarik dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Sebanyak 7 siswa atau 25,00% menyatakan senang, 2 orang siswa atau 7,14 % menyatakan kurang senang. Perubahan-perubahan yang dilakukan pada siklus II ini ternyata terbukti bisa merubah perolehan hasil belajar siswa, dengan ketercapaian persentase ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 64,29% meningkat menjadi 89,29% pada siklus II. Pencapaian ini sudah memenuhi target dari guru (peneliti) yang menetapkan standar ketuntasan yaitu 85%. Sehingga penelitian ini berhenti di siklus II dan tidak di lanjutkan ke siklus selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa dengan teknik metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Monyel Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tipe Make a Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:35
Last Modified: 15 Nov 2018 00:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9638

Actions (login required)

View Item View Item