STUDI LEKSIKON DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PENDERITA DOWN SYNDROME DI SLB KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Maryati, Verweny Rochcy (2017) STUDI LEKSIKON DAN STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PENDERITA DOWN SYNDROME DI SLB KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Down syndrome (selanjutnya disingkat DS) merupakan kelainan kromosom pada autosom ke-21 yang mengakibatkan kelainan secara fisik dan mental. Kelainan fisik dapat diamati pada bagian lidah yang berbentuk tebal dan terbelah sehingga bunyi ujaran leksikon mengalami gangguan sedangkan keterbelakangan mental menyebabkan IQ mereka di bawah rata-rata. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memetakan karakteristik leksikon penderita DS berdasarkan level dan jenis kelamin dan (2) mengonsep strategi pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai stimulus eksternal untuk memaksimalkan ujaran leksikon penderita DS. Adapun metode penyediaan data memanfaatkan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat dan rekam. Penyediaan data sekunder untuk mengetahui hal lain seputar penderita DS dilakukan dengan metode wawancara dan angket.Tahap analisis data dilakukan dengan memanfaatkan metode padan ekstralingual melalui teknik hubung banding menyamakan (HBS), hubung banding membedakan (HBB), dan hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP). Hasil penelitian ini menunjukkan keberagaman karakteristik ujaran leksikon penderita DS yang direalisasikan pada bentuk utuh, onomatope, abstrak, beda konsep, hipernim, penghilangan konsonan dan vokal, penggantian konsonan, dan lain sebagainya. Adapun strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang dikonsep dinamakan strategi mengamati, menanya, meniru, dan mengulang (4 M) dengan pendekatan kontekstual yang memanfaatkan kombinasi metode Modeling, Inkuiri, Audiolingual, teknik berbasis game, dan media visual.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Leksikon, Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penderita Down Syndrome
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Oct 2017 08:19
Last Modified: 07 Oct 2017 08:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item