PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NOPITA, HILDA RISA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 1 PETELUAN INDAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN 1 Peteluan Indah Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design Tipe Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian ini seluruh siswa kelas V SDN I Peteluan Indah yang berjumlah 60 orang siswa. Penentuan Sampel pada kedua kelas tersebut dilakukan secara random dengan kelas VB sebagi kelas eksperimen dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Tehnik Pengumpulan data mengganakan tes dan dokumentasi. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Independent Samples Test atau uji-t (t-test) dengan bantuan program spss versi 16.0. Berdasarkan hasil hitung analisis statistik t-test dapat diperoleh hasil thitung (dilihat pada kolom sig. 2-talled) sebesar 0,042 ≤ 0,05 yang berarti jika dilihat pada taraf signifikansi 0,05 atau taraf kepercayaan 95 % pada ttabel sebesar 1,685 yang artinya jika dilihat pada tabel independen samples test pada uji levene test dengan bantuan program spss diperoleh hasil thitung sebesar 2,079 ≥ 1,685 yang berarti bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN I Peteluan Indah tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil pengujian, maka hipotesis nol (H0) yang berbunyi tidak ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN I Peteluan Indah tahun pelajaran 2016/2017 dinyatakan ditolak, sedangkan hipotesis alternative (Ha) yang berbunyi ada pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN I Peteluan Indah tahun pelajaran 2016/2017 dinyatakan diterima

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audio Visual, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Oct 2017 08:19
Last Modified: 07 Oct 2017 08:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/965

Actions (login required)

View Item View Item