MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE SNOWBALL DRILLING DAN REWARD PADA SISWA KELAS III B SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017

RAQIWI, BAIQ (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENERAPKAN METODE SNOWBALL DRILLING DAN REWARD PADA SISWA KELAS III B SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III B SDN 32 Cakranegara Tahun Ajaran 2016/2017. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode Snowball Drilling dan Reward. Jenis penelitian ini, adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan indakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes obyektif dan metode observasi menggunakan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat aktivitas guru dan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode Snowball Drilling dan Reward selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data aktivitas siswa pada siklus I memperoleh kategori cukup aktif dengan rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 13,5 atau 67,5% dan meningkat menjadi aktif dengan rata-rata skor 17,5 atau 87,5%. Aktivitas guru pada siklus I menunjukkan kategori baik dengan rata-rata skor 16 atau 80% dan meningkat menjadi sangat baik dengan rata-rata skor skor 18 atau 90%. Adapun hasil belajar siswa mencapai 30 orang siswa tuntas dan meningkat menjadi 35 orang siswa tuntas pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan metode Snowball Drilling dan Reward.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): metode Snowball Drilling dan Reward, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Oct 2017 08:18
Last Modified: 07 Oct 2017 08:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/967

Actions (login required)

View Item View Item