HUBUNGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA BUATAN GURU TERHADAP PERESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 02 SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN 2017

Emilia, Ade (2017) HUBUNGAN PEMANFAATAN ALAT PERAGA BUATAN GURU TERHADAP PERESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 02 SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN 2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyak siswa yang sudah dapat melaksanakan tugas – tugas yang diberikan guru dengan baik, baik pada saat melakukan diskusi kelompok maupun pada saat mendegarkan penjelasan guru saat menggunakan alat peraga dalam proses belajar, selain itu penelitian ini juga dilatar belakangi oleh tingginya prestasi belajar pada mata pelajaran matematika, sehingga dalam penelitian ini, penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pemanfaatan alat peraga buatan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 02 SDN gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun 2017. Dalam penelitian ini sempel diambil sebanyak 62 siswa dari 164. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket yaitu untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan alat peraga buatan guru dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa, adapun teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah purposive proporsional random sampling yaitu pengambilan sempel pada ciri-ciri atau sifat – sifat tertentu dimana dalam penelitian ini dari 5 sekolah yang diteliti peneliti hanya mengambil 1 kelas saja yaitu kelas 02, adapun teknik pengambilannya menggunakan undian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik kolerasi product moment diperoleh hasil hasil rtabel sebesar 0,249 dan rhitung sebesar 0,658 dengan taraf signifikan 5% yang artinya pengambilan resiko salah dalam mengambil keputusan untuk menolak hipotesi sebanyak 5% dan benar dalam mengambil keputusan sedikitnya 95%, sehingga dapat di katakan signifikan karena r0,658 ≥ r0,249 yang artinya ada hubungan pemanfaatan alat peraga buatan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 02 SDN gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun 2017. Kontribusi (sumbangan) pemanfaatan alat peraga buatan guru terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 43,2% sehingga dapat dikatakan ada hubungan positif yaitu hubungan pemanfaatan alat peraga buatan guru berbanding lurus dengan prestasi belajar matematika, semakin bagus alat peraga buatan guru semakin tinggi pula prestasi belajar Matematikannya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pemanfaatan Alat Peraga Buatan Guru, Prestasi Belajar, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 07 Oct 2017 08:18
Last Modified: 07 Oct 2017 08:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/969

Actions (login required)

View Item View Item