TANGGUNG JAWAB KONSUMEN YANG BERHENTI MEMBAYAR KREDIT AKIBAT HILANGNYA BARANG YANG MENJADI OBJEK PERJANJIAN (Studi di Perusahaan Pembiayaan SPEKTRA Cakranegara Mataram)

FIAN FARDIANTO, FIAN FARDIANTO (2017) TANGGUNG JAWAB KONSUMEN YANG BERHENTI MEMBAYAR KREDIT AKIBAT HILANGNYA BARANG YANG MENJADI OBJEK PERJANJIAN (Studi di Perusahaan Pembiayaan SPEKTRA Cakranegara Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIAN FARDIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan hukum antara perusahaan pembiayaan Spektra dengan konsumen dan tanggung jawab konsumen yang berhenti membayar kredi akibat hilangnya barang yang menjadi objek perjanjian pada saat perjanjian pembiayaan masih berjalan. Kemudian untuk mengetahui bagaimana bentuk penyelesaian sengketa antara pihak perusahaan pembiayaan Spektra dengan konsumen jika objek pembiayaan hilang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum Normatif Empiris. Hasil penelitian ini mengungkapkan yang pertama, ada tiga pihak yang terlibat dalam kontrak/perjanjian pembiayaan konsumen yaitu pihak konsumen, pihak perusahaan pembiayaan konsumen, dan pihak pemasok atau supplier. Kedua, konsumen harus tetap membayar angsuran kredit karena barang yang menjadi objek perjanjian ketika hilang menjadi tanggung jawab konsumen. Kemudian yang ketiga, dalam penyelesaian sengketa para pihak bisa melakukan dengan cara melalui jalur litigasi dan non litigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanggung jawab, konsumen, pembiayaan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:29
Last Modified: 15 Nov 2018 00:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9740

Actions (login required)

View Item View Item