Fisika SMA dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik

Marzuki, Marzuki and Rokhmat, Joni and Wahyudi, Wahyudi (2018) Fisika SMA dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik. 1, 1 (1). Duta Pustaka Ilmu, Mataram. ISBN 978-602-52849-5-3

[img]
Preview
Text
Dreskripsi Buku Fisika SMA dg pendekatan berpikir kausalitik, lembar 1 - 51.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena pembelajaran fisika yang berorientasi menanamkan konsep secara utuh untuk siswa sekolah menengah atas (SMA) menjadi suatu fokus yang lebih penting diperhatikan dibandingkan pembelajaran fisika yang berorientasi pada latihan aplikasi soal hitungan. Salah satu misi pokok yang menjadi target capaian lulusan siswa SMA adalah memiliki kompetensi menguasai materi-materi fisika secara konseptual. Penguasaan konsep ini tidak cukup didasarkan pada pembelajaran melalui penyelesaian soal-soal fisika, terutama soal-soal aplikasi hitungan, tetapi harus pula didasarkan pada kemampuan mengembangkan argumentasi bagaimana jawaban-jawaban itu dapat terjadi. Hal ini juga berguna untuk mengantisipasi agar pembelajaran fisika yang dipandu oleh para guru tidak bergeser pada pembelajaran matematika tetapi merupakan pembelajaran dengan porsi mayoritas pembahasan konsep. Berkenaan dengan orientasi pembelajaran di atas, penulis mencoba menyusun buku ini dengan tujuan utama memfasilitasi para siswa untuk mencapai penguasaan konsep secara utuh. Dengan ini, nanti para lulusan SMA dapat menempatkan konsep sebagai materi utama dalam memahami fisika sedangkan soal hitungan dijadikannya sebagai wahana untuk memperlihatkan kebermaknaan konsep-konsep fisika itu dalam kehidupan keseharian manusia. Selain itu, pemahaman konsep yang utuh juga menunjang pengembangan kemampuan para siswa untuk secara mandiri mengembangakan soal-soal fisika yang selama ini masih cukup banyak para guru yang menggunakan daftar soal yang ada dari sumber lain dalam mengukur capaian pembelajaran siswa

Item Type: Book
Keywords (Kata Kunci): Fisika SMA, Berpikir-kausalitik, fenomena multi-akibat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:14
Last Modified: 12 Nov 2018 06:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9752

Actions (login required)

View Item View Item