Amanah, Prelia Dwi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF BERBANTUAN SCAFFOLDING DAN ADVANCE ORGANIZER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan scaffolding dan advance organizer terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Mataram tahun ajaran 2016/2017 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan scaffolding (kelas XI IPA 2) dan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran generatif berbantuan advance organizer (kelas XI IPA 3). Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan 6 indikator yaitu menemukan kekacauan, menemukan data, menemukan masalah, menemukan ide, menemukan solusi, dan menemukan dukungan. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik (uji-t polled varian), didapatkan harga
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Generatif, Scaffolding, Advance Organizer, Pemecahan Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 01:12 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 01:12 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/976 |
Actions (login required)
View Item |