NURRAMDAN, YENNI (2016) MAKNA SIMBOL ADAT PERNIKAHAN SUMBAWA DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DI SMA KELAS X. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
E1C112133.pdf Download (454kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ( 1) Bagaimanakah makna simbol dalam adat pernikahan Sumbawa. (2) Bagaimana kaitan makna simbol adat pernikahan Sumbawa dengan pembelajaran teks prosedur kompleks di SMA kelas X. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan makna simbol adat pernikah an Sumbawa. 2) Mendeskripsikan kaitan makna simbol adat pernikahan Sumbawa dengan pembelajaran teks prosedur kompleks di SMA kelas X. Data dalam penelitian ini berupa prosesi, benda - benda atau alat - alat yang bersifat simbolis digunakan dalam adat pernikaha n Sumbawa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan studi lapangan melalui teknik pengamatan (observation), teknik wawancara (interview), dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif y aitu menjelaskan, menguraikan, menganalisis, dan menginterpretasikan makna simbol adat pernikahan Sumbawa sehingga menimbulkan kejelasan untuk dipahami. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) Kesepuluh symbol dalam adat perni kahan Sumbawa seperti sito, lawang rere, maning pangantan, barodak, odak, samparumpuk, loto kuning, dila malam, dan kemang nikah yang dianalisis menggunakan semiologi Roland Barthes memiliki makna bahwa pada hakikatnya sebuah pernikahan bukan hanya sekedar menyatukan kedua insane untuk membina rumahtangga, tetapi
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Makna, simbol, adat pernikahan Sumbawa, teks prosedur kompleks. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 12 Nov 2018 05:58 |
Last Modified: | 12 Nov 2018 05:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9792 |
Actions (login required)
View Item |