PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS BANGUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VI SDN 1 GUMANTAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MAWARDI, MAWARDI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI LUAS BANGUN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VI SDN 1 GUMANTAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. KAPER SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh: (1) rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI SDN 1 Gumantar, (2) guru dalam proses pembelajaran sehari-hari menggunakan metode ceramah dan latihan-latihan soal secara individual dan tidak ada interaksi antar siswa, (3) siswa sering mengeluh apabila diajak belajar metematika. Jika diberi tugas tidak selesai tepat waktu, dan lebih suka bermain dan mengobrol, alasan pelajaran matematika itu memusingkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan mengetahui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD pada materi luas bangun dapat meningkatkan hasil belajar siswa kalas VI SDN 1 Gumantar. Melatih siswa untuk belajar lebih aktif dan dapat mengetahui model pembelajaran yang baru bagi mereka, membantu guru dalam memperoleh wawasan baru sebagai alternatif pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibidang matematika khususnya pada pokok bahasan luas bangun datar, memeberikan sumbangan yang baik dalam rangka perbaikan pembelajaran dan peningkatan mutu proses pembelajaran atau terciptanya kondisi yang kondusif bagi perbaikan iklim sekolah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Gumantar dengan jumlah siswa 26 orang, terdiri dari 13 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi, dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 67,58 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76,9%, sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 75 terjadi peningkatan sebesar 7,4% dan ketuntasan klasikalnya meningkat menjadi 88,5% terjadi peningkatan sebesar 11,6%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi luas bangun siswa kelas VI SDN 1 Gumantar tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 12 Nov 2018 05:56
Last Modified: 12 Nov 2018 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9805

Actions (login required)

View Item View Item