PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING DENGAN PEMBERIAN KEYWORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUNANAK PADA SISWA KELAS IV SDN 4 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARIANTI, ANITA SELVIA (2014) PENERAPAN METODE SNOWBALL DRILLING DENGAN PEMBERIAN KEYWORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PANTUNANAK PADA SISWA KELAS IV SDN 4 SAKRA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal. Anita Selvia Arianti ( E1E 010 014).docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya penguasaan kosa kata yang dimiliki siswa serta kurangnya minat siswa dalam membuat pantun karena menganggap membuat pantun itu sulit.Hal demikian berdampak pada kemampuan menulis pantun anak masih rendah. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SDN 4 Sakra tahun pelajaran 2013/2014 dengan menerapkan metode snowball drilling dengan pemberian keyword. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui evaluasi hasil belajar, sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa yaitu 56,66 dengan presentase ketuntasan klasikal 54,2%. Setelah implementasi tindakan pada siklus I, skor rata-rata hasil belajar siswa menjadi 69,96 dengan presentase ketuntasan klasikal 70,8%. Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi 77,54 dengan presentase ketuntasan klasikal 79,1%. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator yang ingin dicapai.Dengan demikian penerapan metode snowball drilling dengan pemberian keyword dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun anak pada siswa kelas IV SDN 4 Sakra tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan menulis pantun anak, metode snowball drilling, pemberian keyword.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 Nov 2018 05:53
Last Modified: 12 Nov 2018 05:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9817

Actions (login required)

View Item View Item