PENERAPAN METODE “SETIAP SISWA DAPAT JADI GURU” (EVERYONE IS TEACHER HERE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SAFITRI, MEIRINA INDAH (2014) PENERAPAN METODE “SETIAP SISWA DAPAT JADI GURU” (EVERYONE IS TEACHER HERE) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 3 SANDIK TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ANDRIA AZMI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
ANDRIA AZMI.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Sandik Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode “setiap siswa dapat jadi guru” (everyone is teacher here). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Data awal yang didapat dari hasil ulangan tengah semester I yang dimana terdapat 33% siswa masih mendapatkan nilai dibawah KKM 70. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus meliputi empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan/pengumpulan data, tahap evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 83,3 dan ketuntasan klasikal 79,16%, dengan kategori aktivitas belajar siswa aktif ditandai dengan diperoleh skor aktivitas belajar 7. Karena angka tersebut belum mencapai target ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%, maka dilanjutkan ke siklus II dengan mengupayakan perbaikan-perbaikan dari kekurangan pada siklus I. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dan ketuntasan klasikal adalah 85,4 dan 91,47%, dengan kategori aktivitas belajar siswa sangat aktiv ditandai dengan skor aktivitas belajar 11. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa penerapan metode “setiap siswa dapat jadi guru” (everyone is teacher here) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 3 Sandik tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Pembelajaran “Setiap Siswa Dapat Jadi Guru” (Everyone Is Teacher Here).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 12 Nov 2018 06:18
Last Modified: 12 Nov 2018 06:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9827

Actions (login required)

View Item View Item