PENERAPAN TEKHNIK PEMBELAJARAN NASKAH KERJASAMA (COOPERATIVE SCRIPT) DAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AINI, ERLI NUR (2014) PENERAPAN TEKHNIK PEMBELAJARAN NASKAH KERJASAMA (COOPERATIVE SCRIPT) DAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ERLI NUR AINI E1E 010 044.docx

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendah nya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN16 Mataram. Salah satu alternatif yang digunakan dalam menangani masalah ini yaitu dengan menerapkan tekhnik pembelajaran naskah kerjasama (cooperative script) dan permainan puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses tekhnik pembelajaran naskah kerjasama (cooperative script) dan permainan puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 16 Mataram. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah Penelitiaan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Tekhnik pengumpulan data untuk hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitiaan diperoleh data aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 10,1 dengan katagori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 14,7 katagori sangat aktif. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar71,42dengan persentase ketuntasan klasikal 71,42% dan meningkat pada siklus II dengannilai rata-rata 81,78 dengan persentase ketuntasan klasikal92,85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan tekhnik pembelajaran naskah kerjasama (cooperative script)dan permainan puzzledapatmeningkatkanaktivitas dan hasilbelajarIPSsiswakelas V SDN 16Mataram tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): cooperative script, permainan puzzle, aktivitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:27
Last Modified: 15 Nov 2018 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9851

Actions (login required)

View Item View Item