ASTUTI, YUNITA WIDYA (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENERAPAN METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) SISWA KELAS V SDN 2 WAKUL TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL WIDYA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kela s V SDN 2 Wakul melalui penerapan metode DRTA . T ujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan memaksimalkan aktivitas guru dan siswa yang akan berda mpak pada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan metode DRTA . Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan kelas ( PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Pelaksanaan pembelajaran mem baca pemahaman dengan metode DRTA terdiri dari tiga tahap, yaitu: pramembaca, saatmembaca dan pascabaca. Hasil penelitian menunju kkan bahwa kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan dilihat dari peningkatan pada indikator menyimpulkan hal - hal penting dalam cerita rata - rata skor pada siklus I 7,68 menjadi 8,84 pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata - rata sebesar 1,16 terdapat peningkatan nilai rata - rata sebesar 1,16 serta pada indikator menyimpulkan isi bacaan kedalam 4 - 6 kalimat dengan ka limat sendiri rata - rata skor 7,56 pada siklus I menjadi 8,24 pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata - rata sebesar 0,68. Dengan demikian, kemampuan membaca pemahaman terbukti dapat ditingkatkan melalui penerapan metode DRTA siswa kelas V SDN 2 Wakul t ahun ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kemampuan Membaca Pemahaman, Penerapan Metode DRTA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:26 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 00:26 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9860 |
Actions (login required)
View Item |