PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014

PRADANA, RAMA PUTRA (2014) PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IV SDN 30 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RAMA PUTRA PRADANA.docx

Download (6MB)

Abstract

Hasil observasi awal di kelas IV SDN 30 Cakranegara ditemukan masalah bahwa hasil belajar siswa tidak mencapai ketuntasan klasikal. Hal itu terjadi karena proses pembelajaran yang diterapkan guru didominasi dengan metode yang belum melibatkan siswa secara aktif dan belum menggunakan media di dalam mengajarnya, sehingga peroses pembelajaran menjadi monoton dan siswa cepat bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media kartu bilangan untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 30 Cakranegara. Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 30 Cakranegara pada pokok bahasan bilangan romawi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis bentuk isian pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar yakni berkategori aktif pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang ditandai oleh siswa tuntas belajar pada siklus II, yakni ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 87,09%. Saran bagi guru kelas agar

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): media kartu bilangan, aktivitas dan hasil belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:26
Last Modified: 15 Nov 2018 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9861

Actions (login required)

View Item View Item