PENERAPAN PEMBELAJARAN TERBUKA - TERTUTUP ( OPEN ENDED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 5 RENSING TAHUN 2013/2014

SARNIWAT, SARNIWAT (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN TERBUKA - TERTUTUP ( OPEN ENDED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 5 RENSING TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
SARNIWATi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ke terampilan menulis melalui penerapan pembelajaran Terbuka - Tertutup ( Open Ended Learning ) pada siswa kelas IV SDN 5 Rensing tahun 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 5 Rensing yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 10 orang siswa laki - laki dan 6 orang siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Ke las (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata - rata nilai 6 6,4 dan ketuntasan belajar 62,5 %. Hasil tersebut belum mencapai target ketuntasan klasikal yang telah ditetapkan yaitu 80% , maka dilanjutkan ke siklus I I dengan mengupayakan perbaikan - perbaikan dari kekurangan pada siklus I. Pada siklus II rata - rata nilai siswa 77, 94 dan ketuntasan belajar siswa adalah 81,25%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ke terampilan menulis siswa dari siklus I sam p

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Open Ended Learning , k eterampilan, menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:25
Last Modified: 15 Nov 2018 00:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9867

Actions (login required)

View Item View Item