PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 35 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015

WAHYUNI, SRI (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 35 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SRI WAHYUNI.docx

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas III di SDN 35 Cakranegara. Hal ini disebabkan pembelajaran masih terpusat pada guru (Teacher centered) dan metode pembelajaran yang digunakan monoton, Guru biasa mengajar dengan metode ceramah. Hal ini berdasarkan wawancara dengan bapak Wayan Sunendra selaku guru kelas III SDN 35 Cakranegara. Masalah penelitian adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 35 Cakranegara Tahun Pelajaran 2014/2015?.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 35 Cakranegara Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi.Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 62,75 dengan ketuntasan klasikal 68,96% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 42 dengan kategori cukup aktif dan belum berhasil. Pada siklus II data hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 77,2 dengan ketuntasan klasikal 86,96% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 54 dengan kriteria aktif dan sudah

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : model “Word Square, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:25
Last Modified: 15 Nov 2018 00:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9870

Actions (login required)

View Item View Item