PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KOMPONEN JURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS V SDN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014

ADNI, YAULI (2014) PENERAPAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE KOMPONEN JURNAL WRITING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS V SDN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
YAULI ADNI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi kemampuan menulis yang telah dilakukan di SDN 7 Mataram yaitu dari 31 ora ng siswa yang mencapai target ketuntasanyaitu 20 orang siswa dan 11 orang siswabelummencapai target ketuntasandenganketuntasankalsikalyaitu 64,5 % dengan KKM 70. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan penerapan pendekatan Whole Language komponen Jurnal Writing kelas V SDN 7 MataramTahunAjaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing - masing siklus meliputi empat tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleks i. Indikator keberhasi lan penelitian ini dilihat dari nilai rata - rata siswa bisa mencapai ≥ 8 0 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus ke siklus, dilihat dari nilai rata - rata siswa dan ketuntasan klasikal berturut - turut ad alah 77 padasiklus I dan 90 padasiklus II, denganpersentaseketuntasanklasikal 80% padasiklus I danpadasiklus II 90%. H al ini berarti Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah memenuhi indikator yang ingin dicapai. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, Penerapan pendekatan Whole Language komponen Jurnal W

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Whole Language Komponen Jurnal Writing , Kemampuan menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:24
Last Modified: 15 Nov 2018 00:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9873

Actions (login required)

View Item View Item