MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (PERTANYAAN SISWA) SISWA KELAS V SDN 4 SURANADI TAHUN AJARAN 2015/2016

DIANTARI, I GUSTI AYU (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (PERTANYAAN SISWA) SISWA KELAS V SDN 4 SURANADI TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam Penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM secara maksimal pada mata pelajaran IPA di kelas V. Salah satu penyebabnya adalah guru masih mendomi nasi proses pembelajaran sedangkan siswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Rumusan masalahnya, yaitu ”Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode Question Student Have siswa kelas V SDN 4 Suranadi Tahun Ajaran 2015/2 016”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V menggunakan metode Question Student Have . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan, yaitu tahap Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refle ksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan metode pengumpulan data, yakni tes untuk hasil belajar siswa pada setiap pertemuan, serta observasi untuk aktivitas guru dan siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian di dapat data peningkatan kualitas pembelajaran, yakni untuk data aktivitas siswa memiliki rata - rata skor adalah 22,15 dengan kategori cukup baik dan rata - rata skor yang diperoleh dari aktivitas guru adalah 22,5 dengan kategori cukup baik ini terjadi pada si klus I. Sedangkan jumlah rata - rata pada siklus II yang diperoleh dari aktivitas siswa mengalami peningkatan, yaitu sebesar 32,5 dengan kategori aktif dan pada aktivitas

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar siswa, Metode Question Student Hav
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 13 Nov 2018 04:32
Last Modified: 13 Nov 2018 04:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9925

Actions (login required)

View Item View Item