MANAJEMEN LALU LINTAS DENGAN SISTEM SATU ARAH PADA KAWASAN DAKOTA MATARAM (One Way Traffic Management System in The Region Of Dakota Mataram)

Kurniawan, Amriza Gede (2017) MANAJEMEN LALU LINTAS DENGAN SISTEM SATU ARAH PADA KAWASAN DAKOTA MATARAM (One Way Traffic Management System in The Region Of Dakota Mataram). S1 thesis, UPT. Perpustakaan Unram.

[img] Text
TUGAS AKHIR FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kawasan Dakota Mataram selain sebagai pusat layanan publik juga sebagai pusat wisata kuliner, sehingga pada jam sibuk terjadi peningkatan volume kendaraan dibeberapa titik ruas jalan. Akibat peningkatan volume kendaraan tersebut maka berpotensi menimbulkan kemacetan. Ruas jalan dengan potensi kemacetan tertinggi adalah Jl.Wahidin dan Jl.Dakota. Kajian dalam mencari solusi untuk mengurangi kemacetan terjenuh penting dilakukan untuk menentukan rekomendasi pengaturan lalu lintas yang lebih baik dalam menjaga kinerja jalan yang tetap baik dan lancar. MKJI 1997 adalah pedoman dalam menganalisis kondisi eksisting terjenuh dari kinerja jaringan jalan Dakota dan digunakan sebagai data acuan untuk melakukan penerapan manajemen lalu lintas yang salah satunya dengan menerapkan sistem satu arah melalui beberapa skenario. Ukuran kinerja jalan yang diperhitungkan seperti nilai kecepatan arus bebas (FV), kapasitas (C), derajat kejenuhan (DS), kecepatan tempuh (VLV) dan waktu tempuh (TT). Ukuran tersebut merupakan indikator dalam menilai dan mengoreksi sistem manajemen skenario mana yang lebih efektif untuk dapat diterapkan sebagai solusinya. Perubahan sistem pengaturan jika diterapkan mengakibatkan terjadinya perubahan pola gerak, waktu tempuh perjalanan serta membutuhkan perubahan geometrik dimana parameter tersebut adalah ukuran epektif penerapan skenario yang diuji coba. Hasil analisis kondisi eksisting menunjukkan hasil kinerja dengan derajat kejenuhan >0,75 pada ruas Jl.Wahidin dan Jl.Dakota serta konflik pergerakan yang mengakibatkan tundaan lalu lintas yang besar dan menimbulkan kemacetan. Uji coba dengan penerapan skenario 1 menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan skenario 2 sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengurangi konflik di Kawasan Dakota Mataram. Namun perlu dicermati kembali, disisi lain penerapan manajemen ini menyebabkan waktu tempuh perjalanan beberapa pergerakan menjadi lebih besar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen lalu lintas satu arah, Kinerja Jalan, Waktu Tempuh Perjalanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Syafruddin Dion
Date Deposited: 16 Oct 2017 14:11
Last Modified: 16 Oct 2017 14:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/994

Actions (login required)

View Item View Item