SURIANl, SURIAN (2016) PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 KURIPAN SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
E1E 011 072.pdf Download (425kB) | Preview |
Abstract
Pencapaian hasil belajar siswa kelas IV di SDN 2 Kuripan Selatan pada mata pelajaran IPA belum optimal. Dengan standar KKM yaitu 65 dapat diketahui banyaknya jumah siswa yang tuntas adalah 12 orang, dengan ketuntasan klasikalnya mencapai 42,9%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Kuripan Selatan tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari penguasaan siswa terhadap materi “struktur dan fungsi bagian - bagian tumbuhan” yang mengalami peningkatan pada setiap siklus nya. Jumlah siswa yang mengikuti tes adalah 28 orang siswa. Jumlah total nilai evaluasi hasil belajar IPA siswa pada siklus I adalah 1760 dengan nilai rata - rata 62,8571. Standar KKM adalah 65 dapat diketahui banyak siswa yang tuntas belajar adalah 18 orang siswa dengan ketuntasan klasikal 64,28%. Pada siklus II jumlah sisw
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | M etode diskusi, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 00:21 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9945 |
Actions (login required)
View Item |