PENGARUH PENATAAN RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (STUDY EKSPERIMEN DI SDN 4 KURIPAN UTARA) TAHUN 2016

FIRDAUS, RICA (2016) PENGARUH PENATAAN RUANG KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (STUDY EKSPERIMEN DI SDN 4 KURIPAN UTARA) TAHUN 2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 012 07.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu ( quasi experimental design ) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penataan ruang kelas terhadap hasil belajar siswa kelas V (study eksperimen di SDN 4 Kuripan Utara) tahun 2016. Desain penelitian ini menggunakan nonequievalent control group design , hampir sama dengan pretest - post test control group design . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan jenis teknik sampling yang digunakan jika mempunyai pertimbangan - pertimbangan dalam mengambil sampel. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kel as V di SDN 4 Kuripan Utara, sedangkan sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji - t. Diperoleh t hitung sebesar 7,78 sedangkan t tabel sebesar 2,021 pada taraf keperca yaan 95%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa H a diterima dan H 0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penataan ruang kelas yang dimulai da ri penataan tempat duduk siswa dengan formasi U. Sebelum diberikan perlakuan kepada kelas eksperimen, maka diberikan pretest kepada kelas VA dan VB untuk mengukur kemampuan awal dari kedua kelas tersebut, selanjutnya guru memberikan perlakuan kepada kelas eksperimen berupa pengaturan tempat duduk de

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Penataan Ruang Kelas , Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 00:21
Last Modified: 15 Nov 2018 00:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9947

Actions (login required)

View Item View Item