SARI, PETI MULIA (2016) PENINGKATAN KE TERAMPILAN MENYIMAK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN KERETA API CERITA BERANTAI P ADA SISWA KELAS 3B S DN 4 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
E1E 012 065.pdf Download (609kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan keterampilan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui penggunaan permainan kereta api cerita berantai pada siswa kelas 3B SDN 4 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode obs ervasi, tes dan metode dokumentasi. Data aktivitas siswa dikumpulkan melalui lembar observasi, sedangkan data keterampilan menyimak siswa diperoleh melalui lembar observasi dan evaluasi hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode kuanti tatif dan kualitatif. Berdasarkan pembahasan aktivitas belajar siswa pada siklus I telah mencapai kategori aktif dengan nilai yaitu 75 dan telah memenuhi standar indikator keberhasilan. Aktivitas siswa pada siklus II mengalami peningkatan dari kategori akt if menjadi sangat aktif dengan nilai 84. Sedangkan keterampilan menyimak siswa pada siklus I mencapai nilai KKM dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, kemudian ditindaklanjuti dengan siklus II ketuntasan klasikal meningkat sebesar 12,5% menjadi 87,5%. Pen ingkatan aktivitas belajar dan keterampilan menyimak siswa tersebut disebabkan oleh penggunaan teknik permainan kereta api cerita berantai secar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | permainan kereta api cerita berantai, k eterampilan menyimak. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 00:20 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 00:20 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9954 |
Actions (login required)
View Item |