Pemantapan Konsep–Konsep Dasar Fisika Bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Abidin NW Gerisak Semanggleng Sakra Barat Lombok Timur

Teguh Ardianto1, Suhayat Minardi2, Teguh Ardianto1, Suhayat Minardi2 (2018) Pemantapan Konsep–Konsep Dasar Fisika Bagi Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Abidin NW Gerisak Semanggleng Sakra Barat Lombok Timur. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RINGKASAN PNGAB. TEGUH 2018.docx

Download (26kB)

Abstract

Selama ini bagi kebanyakan siswa di sekolah pelajaran fisika masih dianggap sebagai pelajaran yang sulit. Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya mengatasi permasalahan kesulitan belajar tersebut. Sebenanrnya, pembelajaran Fisika harusnya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa. Pembelajaran Fisika diarahkan untuk “mencari tahu” dan “berbuat”, sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam. Akan sangat memudahkan siswa jika pembelajaran Fisika mengajak siswa untuk belajar merumuskan konsep secara induktif berdasarkan fakta-fakta empiris terlebih dahulu. Berbagai kondisi yang terjadi selama ini dalam kegiatan belajar-mengajar fisika di sekolah antara lain: pembelajaran masih didominasi metode ceramah, siswa jarang sekali bahkan hampir tidak pernah diajak melakukan kegiatan laboratorium, guru kurang memberikan kesempatan bertanya kepada siswa, guru terlalu cepat membantu siswa bila ada permasalahan, kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba mengatasi masalahnya sendiri, guru juga jarang mengembalikan tugas-tugas yang sudah diberikan kepada siswanya, dan sebagainya. Kondisi-kondisi ini tentu saja membuat siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep fisika. Atas dasar inilah maka pelatihan pemantapan konsep ini menjadi penting untuk dilakukan. Adapun alasan dipilihnya Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Darul Abidin NW Gerisak Semanggeleng Sakra Barat Lombok Timur dijadikan sebagi lokasi pengabdian, oleh karena dalam pengamatan tim pengabdian saat berkunjung ke sana, pelaksanaan pembelajaran fisika di sekolah ini masih sangat jauh dari yang diharapkan. Kurangnya kemampuan guru yang mengajar disebabkan tidak sesuai dengan bidangnya, ditambah lagi kurangnya sarana dan prasarana belajar turut andil dalam kesulitan belajar siswa. Fakta ini dipandang sebagai alasan yang tepat untuk memilih lokasi pengabdian di tempat itu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Fisika, Madrasah Aliyah, pemantapan konsep
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:32
Last Modified: 14 Nov 2018 02:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9962

Actions (login required)

View Item View Item