izid, Rizem. 2011. Bisa Baca Secepat Kilat (Super Quick Reading) . Jogjakarta: Buku Biru. Asrori. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima. Dalaman. 2013 . Keterampilan Membaca . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Depdiknas. 2005. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BP. Dharma Bakti. Djuanda, D. 2006. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press. Farida, Rahim. 2009. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar . Jak

WIRADIKA, I NYOMAN INDHI (2016) izid, Rizem. 2011. Bisa Baca Secepat Kilat (Super Quick Reading) . Jogjakarta: Buku Biru. Asrori. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Wacana Prima. Dalaman. 2013 . Keterampilan Membaca . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Depdiknas. 2005. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: BP. Dharma Bakti. Djuanda, D. 2006. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press. Farida, Rahim. 2009. Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar . Jak. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 089.pdf

Download (595kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model Kooperatif bermedia Papan Slot Pecahan pada siswa kelas III SDN 29 Cakranegara tahun pelajaran 2015/2016. Untuk merealisasi gagasan tersebut maka disajikan landasan teori tentang hakikat metode pembelajaran Kooperatif bermedia Papan Slot Pecahan dan hakikat Hasil belajar matematika. Sel anjutnya disajikan metodologi penelitian tindakan yang memandu tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 29 Cakranegara tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 36 orang terdiri atas 13 siswa laki - laki dan 23 siswa perempuan. Penelitian in i dilakukan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data yaitu tes untuk hasil belajar siswa pada setiap pertemuan, serta observasi untuk aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkataan kualitas proses pembelajaran yaitu, aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 55,9 dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 73,19 dengan kategori aktif. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I memperoleh skor 63,65 dengan kate

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif, Media Papan slot Pecahan, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:31
Last Modified: 14 Nov 2018 02:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/9982

Actions (login required)

View Item View Item