MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA SISWA KELAS II SEMESTER 2 SDN 40 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KANTARI, MEGA ADE (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA SISWA KELAS II SEMESTER 2 SDN 40 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 138.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berhitung siswa SDN 40 Ampenan pada materi perkalian masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Rendahnya nilai siswa dikarenakan guru yang masih menggunakan metode lama yaitu metode me nghafal. Sementara diketahui metode menghafal sudah tidak lagi sesuai karena kurang efektif dalam meningkatkan penalaran dan dapat membebani memori otak siswa. Dari latar belakang itulah maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerap an metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa kelas II SDN 40 Ampenan Tahun Ajaran 2015/2016 . Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian melalui metode jarimatika siswa kelas II semester 2 SDN 40 A mpenan Tahun A jaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan dan observasi, evaluasi d an refleksi dengan 42 orang siswa kelas II sebagai subyek dan 1 orang guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan da lam setiap siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Pada siklus I aktivitas pem belajar an memperoleh kategori baik dengan jumlah skor 44 dan hasil belajar sisw a mendapat nilai rata - rata 73,81 dengan presentase k etuntasan k

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Jarimatika, Kemampuan Berhitung
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:27
Last Modified: 16 Nov 2018 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10189

Actions (login required)

View Item View Item