ANALISIS PRAGMATIS KUMPULAN PUISI SORONG SERAH KARYA DJERO ANANG ZUBAIDI SOEMEREP DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Mardianti, Mardianti (2018) ANALISIS PRAGMATIS KUMPULAN PUISI SORONG SERAH KARYA DJERO ANANG ZUBAIDI SOEMEREP DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana nilai-nilai pragmatis yang terkandung dalam kumpulan puisi Sorong Serah karya Djero Anang Zubaidi Soemerep; (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pragmatis yang terkandung dalam kumpulan puisi Sorong Serah karya Djero Anang Zubaidi Soemerep dengan pembelajaran sastra di SMA. Berdasarkan permasalahan tersebut, ruang lingkup dalam penelitian ini dibatasi pada lima puisi dalam kumpulan puisi Sorong Serah karya Djero Anang Zubaidi Soemerep, dengan judul Kota Mataram, Sembahyang Malam, Wahai Sahabat, Tuhan, dan Atau. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan nilai- nilai pragmatis yang terkandung dalam kumpulan puisi Sorong Serah karya Djero Anang Zubaidi Soemerep; (2) Untuk memaparkan keterkaitan antara nilai-nilai pragmatis yang terkandung dalam kumpulan puisi Sorong Serah karya Djero Anang Zubaidi Soemerep terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan serta metode catat. Adapun hasil analisis dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Nilai pendidikan religius; (2) Nilai pendidikan moral; (3) Nilai pendidikan sosial; (4) Nilai pengembangan imajinasi; (5) Nilai pengembangan rasa; (6) Nilai pengembangan kecerdasan. Hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA yaitu terdapat dalam Kurikulum 2013 kelas X semester II dengan kompetensi dasar, 3.17 Menganalisis unsur pembangun puisi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kumpulan Puisi, Nilai Pendidikan, Pembelajaran Sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:26
Last Modified: 16 Nov 2018 00:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item