NINGSIH, RATAYU (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IP S DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SDN 04 CAKRANEGARA TAHUN A JARAN 2015/201. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
E1E 212 195.pdf Download (489kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa k elas IV SDN 04 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang belum berfariasi . Dari permasalahan tersebut maka dirumuskan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS denga n model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini di laksanakan dalam 4 tahap, yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdap at peningkatan hasi l belajar dari siklus ke siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I dan siklus II ya itu sebesar 57,64% dan 85,71 %. Denga
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 15 Nov 2018 01:15 |
Last Modified: | 15 Nov 2018 01:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10201 |
Actions (login required)
View Item |