PENINGKATAN HASIL BELAJAR IP S DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SDN 04 CAKRANEGARA TAHUN A JARAN 2015/201

NINGSIH, RATAYU (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IP S DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS IV SDN 04 CAKRANEGARA TAHUN A JARAN 2015/201. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212 195.pdf

Download (489kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa k elas IV SDN 04 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang belum berfariasi . Dari permasalahan tersebut maka dirumuskan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS denga n model Pembelajaran Berbasis Masalah siswa kelas IV SDN 04 Cakranegara tahun ajaran 2015/2016. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini di laksanakan dalam 4 tahap, yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdap at peningkatan hasi l belajar dari siklus ke siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal untuk siklus I dan siklus II ya itu sebesar 57,64% dan 85,71 %. Denga

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:15
Last Modified: 15 Nov 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10201

Actions (login required)

View Item View Item