Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016

INDRIYATI, DESY (2016) Penerapan Metode Jarimatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SDN 48 Ampenan Tahun Pelajaran 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E 212044.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas II, di ketahui 7 dari 19 siswa mendapatkan nilai dibawah standar ketuntasan klasikal (KKM). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan metode jarimatika pada siswa kelas II SDN 48 Ampen an tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Metod e pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan atau observasi dan pengambilan nilai melalui tes tu lis. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa ke las II SDN 48 Ampenan yang berjumlah 19 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan kalasikal pada siklus I yaitu 73,68% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,47%. Demikian pula dengan aktivitas belajar siswa terjadi peningkatan dari Siklus I memperoleh skor 54 d engan kriteria aktif, pada siklus II menjadi 68 dengan kriteria sangat aktif. Sed

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Jari matika, Hasil Belajar Matematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:24
Last Modified: 16 Nov 2018 00:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10214

Actions (login required)

View Item View Item