PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA TAHUN AJARAN 2016/2017

Diana, Nani (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE PADA SISWA KELAS V SDN 3 BELEKA TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
E1E012051.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa belum mencapai KKM secara maksimal pada mata pelajaran IPS kelas V. Salah satu penyebab dari rendahnya nilai siswa karena kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif sehingga cenderung monoton, serta kurang tepatnya metode pembelajaran yang dipilih untuk mencapai tujuan kegiatan pembelajaran maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerepan Metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SDN 3 Beleka Tahun Ajaran 2016/2017 ? Tujuan dari pene l itian ini ada l ah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V dengan menerapkan metode Lightening The Learning Climate pada siswa kelas V SDN 3 Beleka kecamatan Gerung tahun ajaran 201602017 . Pene l itian ini di l akukan da l am dua sik l us dengan metode pengumpu l an data yakni tes untuk hasi l be l ajar siswa serta observasi untuk akti vitas siswa dan guru melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan kualitas proses pembelajaran yakni untuk aktivitas siswa pada siklus I memperoleh 79,37 dengan k riteria baik dan pada sik lus II mempero l eh persentase 8 5 dengan k riteria sangat baik . Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I memperoleh 74,37 dengan kriteria baik dan pada sik lus II memperoleh 81,25 dengan k riteria baik . Demikian juga untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata - rata pada siklus I sebesar 71,64 dengan persentase ketuntasan klasikal 6 8 % dan mengalami peningkata

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar ; Metode Lightening The Learning Climate
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:15
Last Modified: 16 Nov 2018 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10222

Actions (login required)

View Item View Item