PENGENALAN TEKNOLOGI PRODUKSI BIOMASSA INTENSIF TANAM KELOR (Moringa oleifera Lam.) SEBAGAI SUMBER PANGAN-HERBAL SEHAT DI KAWASAN AMOR-AMOR, DESA GUMANTAR, KABUPATEN LOMBOK UTARA

Parwata, I Gusti Made Arya and Soemeinaboedhy, I Nyoman PENGENALAN TEKNOLOGI PRODUKSI BIOMASSA INTENSIF TANAM KELOR (Moringa oleifera Lam.) SEBAGAI SUMBER PANGAN-HERBAL SEHAT DI KAWASAN AMOR-AMOR, DESA GUMANTAR, KABUPATEN LOMBOK UTARA. PENGENALAN TEKNOLOGI PRODUKSI BIOMASSA INTENSIF TANAM KELOR (Moringa oleifera Lam.) SEBAGAI SUMBER PANGAN-HERBAL SEHAT DI KAWASAN AMOR-AMOR, DESA GUMANTAR, KABUPATEN LOMBOK UTARA. (Unpublished)

[img] Text
Makalah Semnas Parwata.docx
Restricted to Repository staff only until November 2018.

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
Makalah Semnas Parwata.pdf

Download (206kB) | Preview

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk membuka wawasan masyarakat tentang manfaat tanaman kelor sebagai sumber pangan-herbal sehat dan sekaligus sumber alternatif bahan bakar minyak, meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat pada pentingnya mempersiapkan tanaman kelor sebagai salah satu tanaman yang dibudidayakan secara intensif, dan juga meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang manfaat dan kegunaan lainnya tanaman kelor. Obyek sasaran kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa penyuluhan atau sosialisasi dan demontrasi plot Pengenalan Teknologi Produksi Biomassa Intensif Tanam Kelor (Moringa oleifera Lam.) sebagai Sumber Pangan-Herbal Sehat di Kawasan Amor-Amor, Desa Gumantar, Kabupaten Lombok Utara adalah masyarakat yang ada di Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan anggota masyarakat tani di kawasan Amor-Amor, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan Lombok Utara terhadap manfaat tanaman kelor sebagai sumber pangan-herbal sehat dan tanaman yang serba guna, serta dapat sebagai sumber alternatif bahan bakar minyak. Dalam memproduksi biomassa daun tanaman kelor, penyiapan bibit yang baik merupakan keharusan, yang dilanjutkan dengan penanaman menggunakan jarak tanam yang rapat sangat dibutuhkan dengan frekuensi pemanenan yang lebih sering.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): budidaya, bibit, biodiesel, obat alami
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: MR I GUSTI MADE ARYA PARWATA
Date Deposited: 16 Nov 2018 00:01
Last Modified: 16 Nov 2018 00:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10274

Actions (login required)

View Item View Item