IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN GEOSISTA (GEOSAINS DAN GEOWISATA BERBASIS GEOPARK) BAGI ORANG TUA DAN ANAK

Baiq, Niswatul Khair and Khusnul, Khotimah and Agus, Saputra IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN GEOSISTA (GEOSAINS DAN GEOWISATA BERBASIS GEOPARK) BAGI ORANG TUA DAN ANAK. IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN GEOSISTA (GEOSAINS DAN GEOWISATA BERBASIS GEOPARK) BAGI ORANG TUA DAN ANAK. (Unpublished)

[img] Text (ARTIKEL HASIL PPM)
ARTIKEL IMPLEMENTASI KONSEP PENDIDIKAN GEOSISTA.docx - Draft Version

Download (23kB)

Abstract

Implementasi konsep pendidikan GEOSISTA (Geosains dan Geowisata berbasis Geopark) bagi orang tua dan anak yang dilakukan di Perumahan Fatahillah Resort, Pagutan, Mataram pada hari Minggu, 2 September 2018 ini mendapat apresiasi yang sangat positif dari peserta. Tidak kurang dari 50 an peserta mengikuti kegiatan ini dengan semangat mulai dari awal acara di pagi hari hingga sore hari. Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan konsep pendidikan GEOSISTA bagi orang tua dan anak. Dalam hal ini orang tua dapat lebih maksimal dalam mendampingi anak saat bermain dan belajar, terutama dengan memanfaatkan alat bahan serta lingkungan alam di sekitar mereka. Salam kegiatan ini orang tua diperkenalkan dengan berbagai alat dan bahan di sekitar yang bisa digunakan sebagai media belajar sains untuk anak. Selain itu, orang tua juga terlibat langsung mendampingi anak dalam belajar berbagai konsep sains dengan cara yang menyenangkan. Adapun manfaat yang dirasakan oleh anak adalah berbagai kegiatan dalam konsep geosista tersebut dirasakan sebagai permainan yang menyenangkan. Dengan kata lain kegiatan ini sekaligus menjadi trauma healing bagi peserta pasca gempa yang melanda Pulau Lombok selama 1 bulan terakhir. Adapun dampak lain yang tidak kalah menarik adalah, tampak ikatan antara orang tua dan anak yang lebih baik pasca mengikuti kegiatan seperti ini bersama-sama. Dengan demikian orang tua dan anak atau anak dengan teman sebayanya memiliki gambaran untuk mengisi waktu bersama dengan kegiatan yang positif. Hal tersebut juga mampu menekan penggunaan gadget pada anak maupun orang tua. Untuk mendukung keberlanjutan implementasi pendidikan geosista ini, peserta dibekali dengan buku saku bertajuk “SAHABAT BUMI” yang dapat membantu orang tua dan anak untuk melakukan hal serupa secara mandiri.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): geosista, geosains, bermain dan belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Baiq Niswatul Khair
Date Deposited: 15 Nov 2018 23:51
Last Modified: 15 Nov 2018 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item