ANALISIS PUISI “AKU DI BULAN” KARYA KHANIS SELASIH: KAJIAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Haerunissa, Haerunissa (2018) ANALISIS PUISI “AKU DI BULAN” KARYA KHANIS SELASIH: KAJIAN SEMIOLOGI ROLAND BARTHES DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL 1.pdf

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji puisi “Aku di Bulan” karya Khanis Selasih: kajian Semiologi Roland Barthes dan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah makna puisi “Aku di Bulan” karya Khanis Selasih dengan menggunakan semiologi Roland Barthes dan bagaimanakah hubungan puisi “Aku di Bulan” ini dengan pembelajaran sastra di SMP. Teori yang dijadikan landasan pada penelitian ini adalah teori semiologi Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian semiotik, karena menganalisis setiap tanda yang terdapat dalam data. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pustaka dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik catat. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Puisi “Aku di Bulan” memiliki makna perasaan rindu yang dirasakan pada saat seseorang merasa kesepian di malam hari. Rasa rindu pada orang terkasih itu membuatnya berharap untuk dapat segera bertemu. Karena perasaan rindu itu semakin lama semakin berkembang dan pada akhirnya dapat melukai perasaan orang yang merasakan rasa rindu tersebut. Terutama ketika orang yang merasakan kerinduan itu mulai mencari memori atau kenangan bersama orang yang dirindukannya. Hal itulah kemudian yang akan memunculkan rasa kosong dan hampa di hatinya sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): makna, sastra, semiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Nov 2018 01:29
Last Modified: 16 Nov 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item