ANALISIS PERBANDINGAN ALUR CERITA FILM THE RAID REDEMPTION KARYA GARETH EVANS DENGAN FILM DREDD KARYA PETE TRAVIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Khudori, Imam Izwa (2018) ANALISIS PERBANDINGAN ALUR CERITA FILM THE RAID REDEMPTION KARYA GARETH EVANS DENGAN FILM DREDD KARYA PETE TRAVIS DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi imam izwa khudori.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan alur cerita pada film The Raid Redemtion dengan film Dredd serta mendeskripsikan relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis komparatif. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa kata atau kalimat yang merupakan susunan alur dari film The Raid Redemption dan film Dredd yang telah dialih bahasakan atau diterjemahkan oleh Yus Lebeck dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Persamaan alur dari kedua objek film menunjukan kesamaan pada persoalan yang terjadi dalam masing-masing film. (2) Sedangkan perbedaan alur dari kedua objek film menunjukan perbedaan pada tahapan – tahapan alur, jenis alur, teknologi dan suasana yang terjadi dalam masing-masing film. (3) Dan relevansinya terhadap pembelajaran sastra di SMA terletak pada unsur alur yang merupakan salah satu dari unsur intrinsik yang tercantum dalam KD pembelajaran sastra di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sastra bandingan, Perbandingan alur, Film, Pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 16 Nov 2018 04:02
Last Modified: 16 Nov 2018 04:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10312

Actions (login required)

View Item View Item