DEWI, HANIKA (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DENGAN BANTUAN MEDIA AUDIO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 1 GIRI MADYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
HANIKA DEWI.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V SDN 1 Giri Madya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Index Card Match dengan bantuan Media Audio. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Cara pengumpulan data untuk hasil keterampilan menyimak siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil dengan berpadoman lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan keterampilan menyimak yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 28 dengan kategori aktif dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor 36 dengan kategori sangat aktif. Demikian juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 104 dalam kategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 125 dalam kategori aktif. Untuk keterampilan menyimak siswa diperoleh persentase ketuntasan klasikal 68,75% dan menin
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Strategi Pembelajaran Index Card Match |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Ayus Suyarsih |
Date Deposited: | 17 Nov 2018 01:38 |
Last Modified: | 17 Nov 2018 01:38 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10349 |
Actions (login required)
View Item |