PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016

ARIYANTI, I GUSTI AYU DWI (2016) PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 11 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL I Gusti Ayu Dwi Ariyanti (E1E212084).pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya pemahaman siswa tentang materi pembelajaran yang digunakan guru hanya menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui penggunaan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Media Peta Konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 11 Cakranegara dengan jumlah siswa 34 orang, 18 laki-laki dan 16 perempuan. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat jika skor aktivitas minimal berkategori “aktif” dan hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika ≥85% siswa mendapat nilai ≥70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa dalam 2 siklus mengalami peningkatan yaitu siklus I adalah 67% dengan kategori aktif dan siklus II menjadi 83% dengan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar ; Metode Pembelajaran SFAE (Student Facilitator and Explaining) ; Media Peta Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:33
Last Modified: 17 Nov 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10355

Actions (login required)

View Item View Item