PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 1 PERAMPUAN TAHUN AJARAN 2015/2016

SURYANI, NUR RAHMAH (2016) PENERAPAN METODE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VA SDN 1 PERAMPUAN TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Penerapan Metode QSH (Nur Rahmah Suryani) - Copy.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN 1 Perampuan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Kondisi ini dapat terlihat dari masih banyaknya siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran IPA yaitu 75. Masalah ini terjadi karena kurangnya partisipasi siswa dalam mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan hal-hal yang belum dimengerti. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melakukan upaya perbaikan menggunakan metode Question Student Have (QSH). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VA SDN 1 Perampuan Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menerapkan metode QSH. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 1 Perampuan Tahun Ajaran 2015/2016. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data peningkatan aktivitas siswa pad

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Question Student Have (QSH), Aktivitas Siswa, Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Ayus Suyarsih
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:29
Last Modified: 17 Nov 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10362

Actions (login required)

View Item View Item