PENGELOLAAN HUTANG USAHA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN KEUANGAN PEDAGANG BAKULAN DI KAMPUNG KEBON DAYE PAGUTAN BARAT

SEPTIANI, EMILIA and SANTOSO, BUDI and MULYADI, MULYADI and MUHDIN, MUHDIN (2018) PENGELOLAAN HUTANG USAHA DALAM UPAYA PENINGKATAN PENGELOLAAN KEUANGAN PEDAGANG BAKULAN DI KAMPUNG KEBON DAYE PAGUTAN BARAT. BP2EB, PROSIDING PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FEB UNRAM 2018. (Unpublished)

[img] Text
Prosiding Pengabdian BP2EB.doc
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
Prosiding Pengabdian BP2EB.pdf

Download (493kB) | Preview

Abstract

Di dalam upaya untuk mendapatkan penghasilan, masyarakat yang memiliki keterbatasan pendidikan dan keterampilan memilih untuk menjadi pedagang. Pedagang dengan keterbatasan dana, dapat menjalankan usahanya dengan skala kecil atau lebih dikenal dengan pedagang bakulan. Sebagian besar pelaku usaha, dalam hal ini pedagang bakulan, memiliki keterbatasan pengetahuan di bidang pengelolaan keuangan, diantaranya adalah pengelolaan hutang usaha. Dalam pemenuhan kebutuhan modal kerja, sebagian dari mereka memutuskan untuk memenuhi kebutuhan permodalannya melalu pinjaman (hutang). Kegiatan pengabdian ini ditujukan kepada Pedagang Bakulan yang ada di kampung Kebon Daye Pagutan Barat. Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk melatih para pedagang bakulan dalam pengelolaan hutang usaha agar mereka tidak kesulitan pada waktu pembayaran. Metode kegiatan yang digunakan adalah sharing informasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan ketertiban para pedagang bakulan dalam melakukan pencatatan hutang usahanya sehingga tidak mengalami kesulitan pada waktu pembayaran.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Pedagang bakulan, pengelolaan hutang, pencatatan hutang
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Emilia Septiani
Date Deposited: 17 Nov 2018 01:25
Last Modified: 17 Nov 2018 01:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/10370

Actions (login required)

View Item View Item